MUSYAWARAH DESA PEMBENTUKAN PANITIA PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK TAHUN 2017

BONDOWOSO-Kamis (26/07) diselenggarakan sebuah acara 6 tahunan untuk menentukan panitia Pemilihan Kepala Desa (PILKADES). Acara ini dihadiri oleh perwakilan berbagai elemen kemasyarakatan, salah satunya adalah organisasi NU Bondowoso khususnya di desa Sumber Kalong. Musyawarah ini dilakukan secara demokratis dan terbuka. Acara ini diprakarsai oleh tiga pilar yaitu, Kapolsek, Danramil, dan Camat Wonosari. PILKADES yang akan diselenggarakan di akhir tahun 2017, setidaknya memiliki 11 panitia yang bersifat netral terhadap kandidat kepala desa.

Pembentukan panitia pemilihan kepala desa dapat diajukan dari berbagai elemen kemasyarakatan maupun organisasi seperti tokoh masyarakat dan tokoh agama. Panitia yang nantinya akan mengisi kursi kepanitian PILKADES harus bersifat netral, tidak ada unsur keberpihakan kepada salah satu kandidat calon kepala desa. Hal ini dibuktikan dengan melakukan sumpah dengan bersaksi dibawah kitab suci Al-Qur’an.

A

Para kandidat calon panitia PILKADES direkomendasikan oleh organisasi terkait, seperti ranting NU, PKK, Posyandu (Kader), Karang Taruna, dan sebagainya. Calon panitia yang direkomendasikan selanjutnya dilakukan pemilihan suara melalui voting untuk menentukan panitia yang berhak menempati posisinya. Kesebelas panitia ini terdiri dari Ketua Panitia (Anil Suryadi), Sekertaris (M. Zaini), dan Bendahara (Azizah S.Pd), serta 8 anggota yang akan membantu jalannya Pilkades Sumber Kalong secara serentak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar