MENUJU HIDUP SEHAT BERSAMA PONDOK KESEHATAN DESA (PONKESDES)

BONDOWOSO – Selasa (16/07), PONKESDES (Pondok Kesehatan Desa) merupakan salah satu kegiatan musyawarah mengenai permasalahan kesehatan desa. Kegiatan ini dilakukan di Balai Desa Sumber Kalong Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. Acara ini diprakarsai oleh (dari kiri ke kanan) perawat desa, Babinsa, Kepala Puskesmas Wonosari, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, dan bidan desa. Kegiatan ini diikuti oleh kader dan kasun yang ada di Desa Sumber Kalong.
PONKESDES pada kesempatan kali ini membahas mengenai buruknya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang terjadi di desa Sumber Kalong. Buruknya angka PHBS di desa Sumber Kalong disebabkan karena buruknya sanitasi masyarakat Sumber Kalong. Salah satu faktornya yakni masyarakat Sumber Kalong yang jarang mempunyai WC (jamban) sendiri dan masyarakat lebih memilih BAB di sungai. Dari tahun 2016 hingaa 2017 hanya ada satu peningkatan pembuatan jamban pada setiap dusunnya. Sudah banyak upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan untuk menggalakkan PHBS di desa Sumber Kalong, namun minimnya kesadaran masyarakat mengenai PHBS merupakan hambatan yang harus dihadapi oleh Dinas Kesehatan kabupaten Bondowoso. Selain itu pola pikir yang sudah terpatri di dalam masyarakat cukup sulit untuk dirubah.
Dalam hal ini sangat dibutuhkan peran yang besar dari pemerintah desa Sumber Kalong serta masyarakat Sumber Kalong guna untuk menurunkan buruknya angka PHBS di desa Sumber Kalong yang mana tujuan utamanya adalah menyehatkan masyarakat desa Sumber Kalong untuk kesejahteraan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar