Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan salah satu upaya meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Masyarakat desa umumnya masih belum memahami sepenuhnya bagaimana melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Upaya ini penting dilakukan, karena dengan memahami dan melakukan hal tersebut akan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat di desa. Kegiatan rutin ini dilakukan oleh masyarakat desa, salah satunya di Desa Sumber Kalong Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. Kegiatan ini diprakarsai oleh Bidan dan Perawat desa Sumber Kalong Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. Bidan dan Perawat desa ini membawahi beberapa kader di setiap dusun di desa tersebut. Setiap RT biasanya memiliki satu kader tetap yang akan membantu melakukan pendataan PHBS.

Perilaku hidup bersih dan sehat ini meliputi persalinan di tenaga kesehatan, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, dan penimbangan rutin di posyandu bagi kepala keluarga yang memiliki balita. Selain itu, terdapat indikator penilaian lain seperti mencuci tangan dengan sabun, menggunakan air bersih untuk keperluan sehari-hari, menggunakan jamban sehat, melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), mengonsumsi sayur dan buah secara rutin, melakukan aktivitas fisik, dan tidak merokok di dalam rumah.

Skor penilaian yang diberikan yaitu menggunakan angka nol dan satu. Angka nol untuk indikator yang tidak terpenuhi dan angka satu menunjukkan bahwa indikator terpenuhi. Dari skor tersebut, nantinya akan dijumlahkan hingga diperoleh hasil klasifikasi PHBS. Hanya satu saja nilai nol akan diperoleh hasil bahwa keluarga tersebut diklasifikasikan sebagai keluarga yang tidak sehat. Sedangkan jika semua hasil menunjukkan nilai satu, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa keluarga tersebut termasuk keluarga yang sehat.

Dari sekitar 5 kader yang melakukan pendataan di dusun Karang Anyar dan Kalong Selatan, terdapat sekitar 60 keluarga yang dilakukan pendataan PHBS dengan sekitar 25% keluarga yang termasuk kategori keluarga sehat dan sekitar 75% keluarga yang termasuk keluarga yang tidak sehat. Dengan dilakukan pendataan PHBS secara rutin diharapkan akan terjadi peningkatan taraf kesehatan masyarakat di Desa Sumber Kalong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar